Penyebab Nyeri Otot dan Solusinya

Minggu, 21 Desember 2014 - 12:49 WIB
Penyebab Nyeri Otot...
Penyebab Nyeri Otot dan Solusinya
A A A
Terlalu lama duduk.

Biasanya saat Anda sedang dalam perjalanan panjang atau berada di depan komputer dalam waktu yang lama, kaki dan pinggang akan mudah terasa pegal dan nyeri.

Keluhan ini karena pinggul harus menahan tubuh bagian atas dan kaki berada dalam posisi sama terlalu lama. Usahakan mengubah posisi duduk Anda saat bekerja dengan menyandarkan tubuh, meluruskan kaki, atau sesekali berdiri dan berjalan untuk mengambil sesuatu.

Kurang tidur atau tidur terlalu larut.

Ini bisa menyebabkan leher Anda terasa tegang dan kaku. Usahakan tidur tidak terlalu malam. Jumlah waktu tidur yang direkomendasikan untuk pria dan wanita di usia produktif adalah delapan jam sehari.

Tidur dengan posisi bantal sangat tinggi.

Posisi tidur dengan bantal yang tinggi dan posisi tidur yang salah juga dapat menyebabkan leher terasa pegal dan kaku karena darah yang mengalir ke kepala tidak lancar.

Kurang olahraga.

Kurangnya olahraga bisa membuat otot nyeri dan pegal karena kurangnya relaksasi otot pada tubuh. Hanya, olahraga yang berlebihan ternyata juga tidak baik bagi tubuh karena otot dipaksa menanggung beban berlebihan.

Terlalu sering melakukan aktivitas yang berulang dengan tangan.

Aktivitas ini misalnya mengetik, dampaknya akan membuat tangan menjadi kaku dan kesemutan. Biasanya terjadi pada ibu rumah tangga yang juga bekerja. Setelah lelah mengurus pekerjaan di kantor (mengetik dan lain-lain), saat kembali ke rumah mereka dihadapkan dengan pekerjaan rumah tangga (mencuci, mengepel, dan mencuci piring).

Terlalu lama berada di ruangan ber-AC.

Udara lembap di ruangan tertutup tidak baik untuk kesehatan dan bisa menjadi penyebab munculnya rasa lelah dan pegal-pegal di tubuh. Sempatkan untuk keluar sebentar ke tempat yang terkena sinar matahari. Ini penting untuk kesehatan.

Cuaca pancaroba.

Pergantian udara dari panas ke dingin atau sebaliknya bisa sangat mengganggu kesehatan karena udara yang tidak konsisten itu bisa memengaruhi sirkulasi darah dan dapat menimbulkan sakit kepala sebelah atau di seluruh kepala.

Membawa beban terlalu berat.

Usahakan saat Anda pergi ke kantor, jangan memasukkan semua barang bawaan Anda dalam satu tas (termasuk laptop). Taruhlah laptop di tas terpisah agar beban tidak bertumpu pada satu lengan saja.

Rendra hanggara
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)